Selasa, 24 Agustus 2010

KARYA SASTRA_3


Hiperbola ohh Hiperbola..!

by ria manies in Artikel SastraBudaya
Melanjutkan postingan yang kemarin aja ach…! hehehe :D . Kali ini aku ingin membahas tentang majas hiperbola. Oh ya teman-teman, beberapa buku-buku yang saya baca n kebetulan itu buku yang bagus serta best seller selalu menjunjung tinggi namanya majas hiperbola.
Beberapa buku yang saya baca dan kental sama hiperbola antara lain seperti buku-buku Raditya Dika. Kalo menurutku sih, hiperbola yang dipakai si Radith ini kadang2 sampai tidak masuk akal sangatt.. (ya iyalahh… namanya juga HIPER gt :P ), tapi itulah cirikhasnya. Kemudian buku yang hiperbolanya unik  yaitu buku-buku Andrea Herata.  Uniknya adalah hiperbola yang dia pakai selalu menyangkut ke hal-hal yang ilmiah, mungkin karena background dia orang yang terpelajar dan semangat sekali dalam masalah menuntut ilmu.
Hiperbola itu apa sih?
Hiperbola dalam bahasa yunani adalah huperbola. Huper itu sendiri artinya di atas, melampaui, terlalu dan Ballo artinya melempar.
Sedangkan Majas Hiperbola itu apa?
Majas Hiperbola adalah cara pengungkapan dengan melebih-1ebihkan kenyataan sehingga kenyataan itu menjadi tidak masuk akal.
Seperti apa Majas Hiperbola itu?
  • Hatiku hancur mengenang dikau, berkePing-kePing jadinya.
  • Ombak setinggi gunung menghantam rumah-rumah dan menghanyutkan ribuan manusia. Dan orang-orang Acehkehabisan airmata karena sedih oleh musibah tsunami itu.

Tidak ada komentar: