Selasa, 24 Agustus 2010

ARTIKEL BUDAYA

Arti Kebudayaan

E-mailPrint

Kebudayaan berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan. Dari pengertian Budaya dalam segi demikian maka berkembanglah arti Culture sebagai "segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah Alam". Untuk membedakan pengertian antara budaya dan kebudayaan, dengan mengartikan budaya sebagai daya dari Budi yang berupa Cipta, Rasa dan Karsa, sedangkan kebudayaan diartikan sebagai hasil dari Cipta, Rasa dan Karsa tersebut.
Cipta adalah Kerinduan manusia untuk mengetahui rahasia tentang segala hal yang ada dalam pengalaman, yang meliputi pengalaman lahir dan batin, hasil cipta berupa ilmu pengetahuan. Rasa adalah Kerinduan manusia akan keindahan, sehingga menimbulkan dorongan untuk menikmati keindahan. Hasil dari perkembangan rasa terjelma dalam bentuk berbagai norma keindahan yang kemudian menghasilkan berbagai macam kesenian. Karsa adalah Kerinduan manusia untuk menginsyafi tentang hal "Sangkan - Paran" dari mana manusia sebelum lahir (sangkan) dan kemana manusia sesudah mati (paran). Hasilnya berupa norma-norma keagamaan/kepercayaan.
Kebudayaan terdiri atas tiga wujud :
  1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai norma dan peraturan.
  2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan, berpola dari individu manusia dalam masyarakat.
  3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
Wujud pertama adalah wujud yang ideal dari kebudayaan. Sifatnya abstrak tak dapat dilihat dan tak dapat diraba. Lokasinya ada di dalam alam pikiran dari warga masyarakat, di mana kebudayaan yang bersangkutan itu hidup. Kebudayaan ideal ini dapat disebut ADAT tata kelakuan, atau ISTIADAT dalam bentuk jamak nya.
Wujud kedua dari kebudayaan yang sering disebut sistem sosial, mengenai kelakuan yang berinteraksi, berhubungan serta bergaul antara yang satu dengan yang lain menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan Adat tata kelakuan.
Wujud ketiga dari kebudayaan disebut kebudayaan Fisik, yaitu berupa seluruh/total dari hasil fisik dan aktivitas, perbuatan dan karya manusia di tengah masyarakat.- (bm)

Tidak ada komentar: