ANDA TAMU KE :

Sabtu, 16 Juli 2011

CARA EFEKTIF BELAJAR BAHASA INGGRIS

Metode Belajar Bahasa Inggris :

Jika tips dan petunjuk belajar bahasa Inggris ingin di simpulkan dalam satu kata yang simple, maka kata yang paling tepat adalah... berlatih. Sebab seberapa sering Anda melatihnya, sama pentingnya dengan metode dan materi yang Anda gunakan.
Barry Farber dalam bukunya "How To Learn Any Langunge" mengatakan bahwa "if you master every word, every phrase, every pronunciation, and every grammatical point contained in even the simplest language learning method, you can consider yourself advanced."
Yang artinya, Anda harus menguasai setiap hal-hal kecil dari metode atau sarana bahasa yang Anda gunakan untuk belajar. Tekad dan ketekunan akan membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Dan itu membawa kita pada dua tips paling penting dalam mempelajari suatu bahasa, yaitu:


1. Pilih metode belajar yang sesuai dengan Anda.
Metode yang Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris, akan menjadi inti dari program belajar. Jadi pastikan bahwa Anda telah memilih metode belajar yang sesuai dengan kebiasaan Anda dalam belajar. Komponen audio juga sangat penting, meski cuma satu atau dua CD, tapi semakin banyak semakin baik.
Baca juga halaman Metode Belajar Bahasa Inggris untuk info lebih lengkap mengenai metode belajar bahasa yang tersedia. Anda dapat memilih metode yang di sukai, dan menambahkannya dengan materi atau sarana belajar yang lain, atau bahkan metode lain. Semakin banyak sumber, semakin baik.

2. Kontak sehari-hari.
Pelajari dan latihlah bahasa Inggris setiap hari, meski cuma 5 sampai 10 menit. Idealnya, belajarlah 1 jam atau lebih setiap hari. Tapi jika tidak bisa, sediakan waktu setidaknya setengah jam setiap 1 atau 2 minggu sekali. Dan review setiap hari semua yang sudah di pelajari, meski cuma untuk 5 sampai 10 menit.
Di bawah ini, ada banyak sarana dan tips untuk memanfaatkan setiap menit waktu luang agar program belajar bahasa Inggris lebih optimal. Dengan begitu, Anda bisa terus mengingat proses belajar yang sedang di lakukan, dan kemampuan Anda untuk mempelajari kata-kata serta konsep yang baru, akan meningkat.
Tidak berlatih adalah cara terbaik untuk kehilangan arah dan menyia-nyiakan waktu Anda dalam program belajar bahasa Inggris. Tapi dengan memilih metode belajar yang sesuai dan menggunakannya setiap hari, maka pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris Anda akan cepat meningkat.
Sebab, peningkatan pengetahuan dan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, akan tergantung dari sarana yang Anda gunakan dan pengalaman yang Anda dapat melalui latihan yang Anda lakukan setiap hari.

Sarana Belajar Bahasa Inggris

Berikut ini beberapa sarana dan tips belajar bahasa Inggris. Beberapa di antaranya bersifat umum, yang lain di dapat melalui percobaan dan dari mereka yang pernah belajar bahasa Inggris, serta dari buku-buku pelajaran bahasa Inggris.
Mungkin tidak semua sarana dan tips ini cocok dengan Anda. Tapi kami sarankan untuk mencoba berbagai cara. Sebab, siapa tahu mungkin Anda akan menemukan cara yang bisa memberikan hasil lebih baik dari yang di harapkan.
Dengan membaca ini, Anda akan tahu bahwa banyak sarana dan tips belajar bahasa Inggris yang bisa menambah dan melengkapi materi inti yang Anda gunakan untuk belajar bahasa Inggris, dan memperlancar proses belajar bahasa Inggris.

Kaset/CD/DVD/MP3 audio. Sebaiknya, pilihlah metode belajar bahasa Inggris yang menyertakan komponen audio agar bisa di dengarkan sambil membaca buku. Ini untuk menguji kemampuan berbicara dan mendengar. Cari juga beberapa produk audio lain sebagai tambahan. Semakin banyak, semakin baik.

Buku Phrase. Berukuran kecil tapi bermanfaat besar. Sebab, buku ini biasanya di lengkapi dengan panduan untuk melafalkan dan terjemahan singkat, juga banyak menyertakan kalimat dan idiom. Gunakan buku ini sebagai materi pelengkap untuk proram belajar bahasa Inggris.

Kamus. Sangat diperlukan untuk jangka panjang. Materi pelajaran bahasa Inggris yang bagus akan memberikan Anda hal-hal dasar dan hanya beberapa contoh kata yang paling sering di gunakan. Berarti Anda harus mempunyai sebuah kamus jika ingin menambah perbendaharaan kata.
Pilih yang dua arah, yaitu dari Indonesia ke Inggris dan Inggris ke Indonesia. Selain itu, cari yang banyak menyertakan contoh idiom, yaitu kata-kata singkat yang sulit di tranlate tapi sering di gunakan. Contohnya, 'to give the cold shoulder' atau 'it's a piece of cake!'

Flashcard atau kartu pengingat ini sangat efektif untuk mereview, menyegarkan dan menambah vocabulary. Anda bisa membeli atau membuatnya. Potong kertas karton seukuran kartu nama. Tuliskan 5-6 kata atau kalimat dalam versi Inggris dan Indonesia, di kedua sisinya. Bawa dan baca setiap ada kesempatan.

Buku Grammar. Buku grammar mungkin membosankan, tapi ini adalah cara yang bagus untuk benar-benar memahami setiap detil dari bahasa Inggris.

Koran dan majalah. Ini mungkin cara yang mahal untuk mendapat contoh vocabulary sehari-hari. Kata-kata yang di gunakan di sini biasanya tidak sama dengan yang ada di buku grammar atau buku teks. Di kota-kota besar umumnya tersedia koran dan majalah berbahasa Inggris, atau di internet.


Buku atau ebook berbahasa Inggris. Buku dan ebook berbahasa Inggris sangat mudah di dapat, terutama di internet. Anda bisa mencarinya di situs-situs yang khusus menyediakan ebook untuk di download.

Buku dua bahasa. Buku seperti ini sangat baik untuk di gunakan karena mempunyai dua macam bahasa di dalamnya. Di satu sisi berbahasa Inggris, dan di sisi lain berbahasa Indonesia. Ini membuat Anda tidak harus bolak-balik membaca kamus untuk mencari arti dari kata tertentu.

Tape Recorder atau Mini Disc. Tips ini berasal dari Barry Farber. Saat Anda mulai memahami dan bisa mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris, rekam kata-kata atau kalimat tersebut. Rekaman ini menjadi audio flashcard Anda. Maka, saat Anda jauh dari buku dan materi lain, gunakan itu untuk mereview.
Dengan cara itu, Anda seperti memiliki materi audio dari pelajaran bahasa Inggris yang sedang di pelajari. Ini juga cara yang bagus untuk melatih dan menganalisa pelafalan dan aksen. Anda juga bisa merekam sebagian dari script perbincangan, dan setengahnya lagi untuk merekam latihan Anda sendiri.

Tips  Belajar Bahasa Inggris

Berbicara pada diri sendiri. Cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan berbicara. Tapi jika tidak ada orang yang bisa di ajak berbicara, maka berbicaralah pada diri sendiri. Misalnya dengan menyebutkan nama-nama benda ada di sekitar, seperti rumah, meja, televisi, kucing.
Atau benda-benda yang dilewati di perjalanan, misalnya mobil, pohon, gedung. Pelajari juga kalimat dasar, misalnya 'Ini hari yang cerah.' atau 'Ini hari Minggu.' Tips yang simple ini dapat membantu membiasakan diri dalam menggunakan dan menyusun kata.

Berbicara pada teman. Ini mungkin langkah yang efektif di banding berbicara pada diri sendiri. Ajaklah teman yang Anda kenal untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Sebaiknya, beritahu dulu pada mereka bahwa Anda ingin melatih kemampuan bahsa Inggris Anda, jadi mereka lebih siap.
Dengarkan musik. Dengan mendengarkan musik, Anda akan mendengar bahasa Inggris yang di gunakan dalam konteks yang sebenarnya. Dan ini akan membantu Anda untuk berlatih mendengar dan mengucapkan. Pemahaman Anda mengenai budaya yang ada di belakang bahasa Inggris juga akan bertambah.

Sahabat pena. Ini salah satu cara terbaik untuk berlatih menulis dalam bahasa Inggris. Sebab, Anda akan di paksa untuk mulai membuat kalimat-kalimat yang lebih kreatif, bukan sekedar kalimat baku. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan metode lama yaitu lewat surat, atau metode yang lebih cepat, yaitu email.

Radio internet. Cara ini juga bagus dan simple jika ingin berlatih mendengarkan bahasa Inggris yang di gunakan secara real life. Sebab, ada banyak radio di internet yang bisa Anda cari dan temukan dengan mudah.

Buat kesalahan. Cara termudah untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan mencobanya. Baca dan tuliskan, dan jangan takut melakukan kesalahan, karena kami jamin bahwa Anda pasti akan melakukan kesalahan. Bahkan, Anda akan banyak melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut.
Banyak orang yang belajar bahasa Inggris tidak mau berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris sampai mereka merasa yakin atau fasih. Tapi bagaimana Anda akan menjadi fasih atau yakin jika tidak pernah mencobanya? Jika salah yang selalu menjadi penghalang, maka tidak ada orang yang akan berani membuka mulutnya.
Berapa lama Anda sudah belajar bahasa Indonesia, tapi masih saja sering melakukan kesalahan, betul? Jadi, lakukan saja, bicarakan, tuliskan dalam bahasa Inggris. Semakin sering Anda melakukannya, maka semakin cepat Anda menguasainya.

Club bahasa Inggris. Saat merasa sudah siap, cobalah untuk menemukan club bahasa Inggris di sekitar. Berbicara dengan orang yang sudah atau masih menjalani proses belajar bahasa Inggris akan sangat membantu.
Sebab, mereka dapat memberikan Anda banyak tips dan petunjuk. Ini juga memberi Anda peluang untuk menggunakan bahasa Inggris setiap hari dalam lingkungan yang lebih supportive. Coba cari di Yahoo! Groups, Facebook, atau Meetup.com.

Cari waktu untuk belajar. Dalam kehidupan kita yang sibuk, sangat sulit untuk mendapatkan waktu yang cukup agar bisa belajar bahasa Inggris. Tapi jika bisa mendapatkan beberapa block waktu selama setengah sampai satu jam setiap minggu, maka Anda bisa menambahkan waktu tersebut dengan berbagai cara.
Misalnya dengan flashcard yang di sarankan oleh Barry Farber. Dia menyarankan Anda untuk selalu membawa flashcard tersebut, dan membacanya kapanpun Anda sempat. Misalnya saat di perjalanan, sedang menunggu sesuatu, dan lain-lain.
Jika materi belajar bahasa Inggris Anda mempunyai komponen audio, Anda dapat menambahkan waktu belajar di dalam kendaraan. Cobalah untuk menambahkan beberapa tips lain ke dalam waktu-waktu yang biasanya tidak produktif. Hal-hal kecil seperti ini, dapat mempercepat proses belajar Anda.

Berbicara dengan orang yang asing. Tempatkan diri pada situasi di mana Anda punya peluang untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan orang yang sama sekali tidak di kenal. Misalnya dengan cara masuk ke ruang chatting yang ada di internet, dan mencari teman bicara yang menggunakan bahasa Inggris.

Televisi. Jika memungkinkan, saksikan acara-acara TV yang berbahasa Inggris. Di Indonesia, banyak stasiun TV yang menyediakan acara-acara yang berbahasa Inggris. Mulai dari film, musik, sampai berita. Jadi tidak sulit untuk mempraktekkan tips ini.

Buku audio atau audiobook. Mendengarkan buku audio yang berbahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk melatih ritme. Dan Anda bisa menggunakannya di waktu-waktu luang. Jika bisa mendapatkan textbook nya, maka itu juga akan sangat membantu. Karena Anda bisa mereview apa yang di dengar.

Teknik mengingat. Tips ini juga barasal dari Bary Farber. Gunakan tips ini untuk membantu mengingat kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Teknik ini dapat mempersingkat waktu yang di butuhkan untuk belajar. Cari tutorial untuk melatih ingatan.

Film. Cobalah untuk menonton film yang berbahasa Inggris. Sama seperti mendengarkan musik, menonton TV dan beberapa metode lainnya, menonton film akan memberikan Anda peluang untuk mengunji pengetahuan Anda tentang bahasa Inggris. Dari situ Anda akan tahu mana yang masih perlu di pelajari.

Belajar lebih dari satu bahasa. Banyak orang yang percaya bahwa mereka tidak bisa belajar lebih dari dua atau tiga bahasa. Ini tidak benar. Kepala kita tidak akan pernah penuh karena banyak belajar bahasa. Bahkan, saat Anda mulai mempelajari suatu bahasa, kemampuan dan skill Anda juga akan meningkat.
Itu adalah efek dari aktivitas belajar yang Anda lakukan. Jadi tidak ada alasan untuk berhenti hanya pada bahasa Inggris saja. Yang jadi penghalang hanyalah waktu, uang dan keinginan Anda. Jika Anda ingin belajar bahasa ketiga atau ke empat, maka lakukanlah, karena Anda pasti bisa.

Komitmen jangka panjang. Harap di ingat bahwa belajar bahasa Inggris itu adalah komitmen seumur hidup. Sebab, Anda tidak akan pernah benar-benar mengetahui semua hal yang menyangkut bahasa Inggris.
Bahkan sekalipun Anda sudah hafal ribuan kata, membaca ratusan buku atau koran, dan memahami semuanya, akan selalu ada kata baru untuk dipelajari, kalimat atau idiom baru untuk di gunakan, dan dialek baru untuk di explorer.

Ajarkan pada orang lain. Mungkin Anda punya teman yang ingin belajar bahasa Inggris juga, tapi belum bisa karena tidak punya waktu. Maka berbagilah dengannya apa-apa yang sudah Anda pelajari. Mengajarkan adalah cara yang bagus untuk memperkuat ingatan, dan menambah rasa percaya diri Anda.

Buku cerita. Buku seperti ini biasanya untuk anak-anak atau remaja yang ingin belajar bahasa Inggris. Keutamaan dari buku ini, termasuk untuk orang dewasa, adalah kalimat-kalimatnya yang di sederhanakan, vocabulary dan idiomnya juga masih tingkat dasar. Jadi Anda tidak perlu khawatir terhadap grammar yang rumit.
Sumber : click here

Tidak ada komentar:

DAFTAR SITUS PENDIDIKAN

Situs Pendidikan Anak-anak

http://www.e-dukasi.net/ situs pendidikan untuk SMP,SMA,SMK

http://www.pesonaedu.com/ situs belajar matematika dan sains

http://duniabelajar.com/ situs pendidikan untuk SD

http://www.e-smartschool.com/ situs pendidikan untuk SD, SMP, SMA

http://www.bukamata.com situs berhitung untuk anak

http://www.fourthr.com situr pelatihan komputer

http://www.fisikanet.lipi.go.id situs belajar fisika

http://ww.edu-artikel.com situs artikel pendidikan

http://www.absasi.com/ situs pendidikan komputer

http://www.santalusia.com/ situs pendidikan komputer

http://www.pendidikan.tv/ situs pendidikan komputer

http://www.chem-is-try.org/ situs belajar fisika

http://www.ixl.com/ situs matematika anak

Situs Perguruan Tinggi

http://www.binus.ac.id/ situs resmi Universitas Bina Nusantara

http://www.undip.ac.id/ situs resmi Universitas Diponegoro

http://www.its.ac.id situs resmi Institut Teknologi 10 N0v Surabaya

http://www.itb.ac.id/ situs resmi Institut Teknologi Bandung

http://www.ui.ac.id/ situs resmi Universitas Indonesia

http://www.trisakti.ac.id/ situs resmi Universitas Trisakti

http://www.usk.ac.id/ situs resmi Universitas Syiah Kuala

Situs Departemen Pendidikan

http://www.depdiknas.go.id/ Departemen Pendidikan Nasional Indonesia

http://www.dikti.org/ Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti)

http://www.setjen.depdiknas.go.id/ Situr Resmi Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional

http://www.balitbang.depdiknas.go.id/ Situs Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

http://www.pustekkom.go.id/ Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Departemen Pendidikan Nasional

http://www.dikdasmen.org/ Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

http://ditptksd.go.id/ Direktorat Pembinaan TK dan SD

http://www.dit-plp.go.id/ Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

http://www.dikmenum.go.id/ Direktorat Pendidikan Menengah Umum

http://www.dikmenjur.go.id/ Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Situs Beasiswa

http://www.indo-ausaid.gov.au/

http://www.sampoernafoundation.org/

http://enteruniversity.com/scholari.html/