Selasa, 10 Juni 2014

TOKOH PENDIDIKAN DUNIA

Kiriman : Irfandi

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG ....

Sebuah ungkapan klise yang masih berlaku dan relefan dalam kehidupan di abad 21 ini, betapa tidak sebuah ungkapan sederhana yang makna kandungannya sangat dalam khususnya dalam dunia pengetahuan dan pendidikan. 
Barang siapa yang tidak mau mengenal atau pingin tahu akan sesuatu maka dirinya bakalan tidak tahu apa-apa...Barang siapa acuh tak acuh dengan keadaan sekelilingnya maka ia bagaikan sebuah katak yang berada di dalam tempurung....
Dunia sangatlah luas...., begitu pula pengetahuan,,,, maka sediakan waktu walaupun sedetik untuk dapat memanfaatkan waktu untuk belajar dan belajar....Karena konsep pendidikan sekarang ini paradigmanya menuju kunsep "belajar sepanjang hayat"
Marilah sejenak kita luangkan waktu untuk kilas balik kebelakang dalam menghormati jasa-jasa para tokoh pendidikan dunia beberapa abad yang lalu....
Beberapa tokoh pendidik kelas dunia tersebut adalah :

1. Al Ghazali
Al Ghazali 4 Tokoh Pendidikan Di Dunia
Sejak kecil Al Ghazali terkenal akan kecintaannya terhadap ilmu pengetahuan dan kegigihannya dalam mencari ilmu. Maka tidak mengherankan jika dalam masa usia yang masih kanak-kanak ia telah belajar dengan sejumlah guru di tanah kelahirannya.
Al Ghazali menjelaskan bahwa konsep pendidikan yang benar itu mengajarkan secara menyeluruh yang meliputi tujuan pendidikan, metode, etika guru, kurikulum dan murid.
2. John Locke
John Locke 4 Tokoh Pendidikan Di Dunia
Dia memperoleh pendidikan di Universitas Oxford, peroleh gelar sarjana muda tahun 1656 dan gelar sarjana penuh tahun 1658. Selaku remaja dia tertarik sangat pada ilmu pengetahuan dan di umur tiga puluh enam tahun dia terpilih jadi anggota “Royal Society.” John Locke menegaskan kurikulum harus diarahkan demi kecerdasan individual, kemampuan dan keistimewaan anak-anak dalam menguasai pengetahuan dan bukan pada pengetahuan yang biasa diajarkan dengan hukuman yang sewenang-wenang.
3. John Dewey
John Dewey 4 Tokoh Pendidikan Di Dunia
Dewey mengadakan penelitian mengenai pendidikan di sekolah-sekolah dan mencoba menerapkan teori pendidikannya dalam praktek di sekolah-sekolah. Hasilnya, ia meninggalkan pola dan proses pendidikan tradisional yang mengandalkan kemampuan mendengar dan menghafal. Sebagai gantinya, ia menekankan pentingnya kreativitas dan keterlibatan siswa dalam diskusi dan pemecahan masalah
4. Ibnu Sina
Ibnu Sina 4 Tokoh Pendidikan Di Dunia
Ibnu Sina terkenal dengan pemikirannya sebagai intelektual muslim yang mendapat banyak gelar. Menurutnya, tujuan pendidikan harus diarahkan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki oleh seseorang. Potensi itu tidak hanya menuju pada perkembangan fisik, tapi juga intelektual dan budi pekerti. Selain itu, pendidikan juga harus mampu mempersiapkan seseorang agar dapat hidup bermasyarakat.
source : http://light.mindtalk.com/IDEAVOLUTION/post/51874ef3f7b73048830003a6

Tidak ada komentar: